Cara Mencegah Hilangnya Nafsu Makan Pada Anak

CaAn Barumbung | 12:03 PM | 0 Komentar

Hilangnya atau berkurangnya nafsu makan (anoreksia) mengakibatkan berkurangnya asupan makanan. Pada anak-anak, nafsu makan atau keinginan alami untuk mengonsumsi makanan dikendalikan oleh kebutuhan energi tubuh mereka. Anak-anak yang aktif cenderung mengonsumsi jumlah makanan yang lebih banyak, sementara anak yang kurang aktif mungkin kurang atau bahkan tidak memiliki nafsu makan sama sekali. Anak dalam fase tumbuh kembang cepat akan mengonsumsi makanan lebih banyak dibandingkan dengan anak dalam fase tumbuh kembang lambat. Di antara kedua fase tumbuh kembang ini, kebutuhan untuk makan akan berkurang. Dalam kenyataan sulit untuk membedakan antara menurunnya kebutuhan makanan yang normal dengan menurunnya nafsu makan. Selama laju pertumbuhan anak dalam batas normal, asupan makanan yang berkurang tidak perlu dikuatirkan. Hilangnya nafsu makan dapat dikaitkan dengan beberapa faktor seperti emosional (cemas, kesepian, depresi), fisik (cacat kongenital yang menyebabkan gangguan proses menelan, penyerapan, dan pengosongan makanan dalam saluran pencernaan), patologis (akibat suatu penyakit), dan sosio ekonomi (kebiasaan menahan lapar). Namun faktor penyebab terseringnya adalah penyakit kronik, infeksi, masalah gigi atau gusi, rasa nyeri, dan masalah emosional. Saat anak mengalami penyakit, baik ringan maupun berat, nafsu makannya akan menurun. Selain itu, menurunnya nafsu makan juga dapat diakibatkan oleh pola makan yang tidak teratur. Hilangnya atau berkurangnya nafsu makan yang berlangsung dalam waktu lama dapat menyebabkan penurunan berat badan, massa otot, dan gangguan proses penyembuhan.



  • Buatlah waktu makan menjadi saat yang menyenangkan. Sajikan makanan dalam berbagai bentuk menarik yang disukai anak.
  • Buatlah makanan yang disukai anak tetapi pastikan terlebih dahulu bahwa makanan tersebut mengandung gizi yang cukup dan seimbang.
  • Tambahkan aneka bumbu atau rempah-rempah ke dalam makanan anak untuk memperkaya cita rasa.
  • Memberikan makanan dalam porsi kecil. tetapi sering mungkin lebih membantu meningkatkan nafsu makan ketimbang memaksa anak makan tiga kali sehari dalam porsi cukup besar.
  • Bila memungkinkan. ajak anak makan bersama-sama anggota keluarga atau orang iain.
  • Tingkatkan aktivitas pada anak sehingga anak merasa lapar dan ingin makan lebih banyak  Kenali penyebab hilangnya nafsu makan pada anak
  • Jika penyebabnya adaiah rasa mual, atasi rasa muai tersebut.
  • Suplemen vitamin & nutrisi dapat diberikan atas pengawasan dan anjuran dokter atau  ahli gizi. Obat perangsang nafsu makan dapat diresepkan apabila anak tetap mengalami penurunan berat badan untuk mencegah dehidrasi.

Category: ,

0 Komentar