10 Hewan Dengan Kebiasaan Unik yang Jarang Diketahui

CaAn Barumbung | 12:23 PM | 0 Komentar


Hewan diketahui sebagai makhluk yang diciptakan oleh Tuhan tanpa akal, namun bukan berarti hewan tidak punya kemampuan hampir seperti manusia yang punya akal.

Sebagai mahkluk yang memiliki intelegensia tinggi, manusia sering menganggap dirinya tahu segala hal tentang hewan yang dipelihara. Kenyataannya, ada banyak kasus membuktikan bahwa prediksi manusia terhadap karakter hewan, sering meleset.


Dikutip dari Boredpanda, diketahui ada 10 perilaku hewan yang jika diamati akan membuat Anda kagum. Sebab setiap gerakan yang mereka buat, ternyata bisa jadi memiliki arti atau makna tertentu. Berikut beberapa kebiasan unik hewan yang dimaksud:


     1.   Domba si dokter alamiah

Tahukah Anda bahwa domba adalah binatang yang bisa menyembuhkan dirinya sendiri ketika sakit? Ya, ketika ia mendadak merasa `tak enak badan,` domba akan memakan tumbuh-tumbuhan yang mereka ketahui, ampuh menyembuhkan dirinya sendiri.


     2.   Sapi bisa stres

Sapi adalah binatang yang dikenal senang berkelompok. Seperti manusia, sapi adalah binatang yang senang berteman, bahkan dalam beberapa kasus, tak berlebihan jika disebut `bersahabat.` Uniknya, sapi yang terpisah dari kawanannya bisa stres berat. Efeknya ia jadi malas makan dan melakukan kegiatan rutin lainnya.


     3.   Kaki tangguh Harimau


Ini aneh tapi nyata, ketahuilah bahwa kaki binatang predator ini sangat kuat, sampai-sampai ketika mereka meninggal, harimau masih bisa memilih posisi berdiri meski nyawanya melayang. Hal ini membuat musuh-musuh mereka tak sadar, bahwa harimau yang ada di hadapan mereka, sebenarnya sudah mati.


     4.   Kencan aneh Penguin


Saat mendekati Penguin wanita, Penguin pria menawarkan kerikil pada sang pujaan hati. Jika sang wanita menerima, ini artinya mereka resmi pacaran. O ya, kebiasaan unik Penguin lainnya, mereka jarang membuat sarang. Telur-telur yang dilahirkan, biasanya diamankan dengan cara diapit kaki.


     5.   Arti kibasan buntut Anjing


Mungkin tak semua pecinta binatang ini tahu tentang fakta berikut. Seeokor anjing yang sedang bahagia, mengibaskan ekornya ke kanan, sementara saat sedih, ia menggoyang-goyangkan ekornya ke kiri.


     6.   Mata jeli kelinci

Jangan remehkan binatang kecil berbulu putih ini. Meski perawakannya imut, namun bola matanya memiliki kemampuan visual panoramik 360 derajat. Itu artinya, mereka bisa mendeteksi kedatangan musuh dari segala arah.


     7.   Rubah yang lemah

Pahami ini, seekor anak rubah yang baru dilahirkan, biasanya memiliki berat 100 gram saja. Mereka terlahir dengan kondisi mata buta dan telinga tuli. Tak hanya itu, mereka juga tidak bisa berjalan. Karenanya untuk bertahan hidup, sang ibu harus menjaga sepanjang waktu, sementara sang ayah bertugas mencari makan.


     8.   Zebra sang komunikator

Tahukah Anda bahwa binatang mirip kuda yang memiliki kulit belang-belang ini dikenal sebagai hewan yang pandai berkomunikasi satu sama lain? Lucunya, ketika sedang `bermasalah` dengan temannya, zebra yang kesal akan menurunkan kuping, lalu ditarik ke arah belakang.


     9.   Kucing sang pelari


Kenal Usain Bolt? Ia adalah pelari profesional asal Jamaika. Fakta uniknya, ada beberapa jenis kucing, terutama yang jenis lokal, saat dites kecepatan larinya, ternyata bisa menyaingi rekor Usain Bolt dalam perlombahan lari kelas dunia. Luar biasa bukan?


    10. Panda si tukang tidur

Binatang gemuk berbulu tebal halus ini, dikenal sebagai hewan pemalas yang senang tidur. Masalahnya, ketika akan tidur, panda hewan yang tidak tahu tempat. Jika kantuk menyerang, ia bisa tidur di mana saja. Baik itu di atas pohon, di atas batu, atau bahkan di bibir jurang. Waduh!

Source :
http://log.viva.co.id/news/read/764837-10-kebiasaan-unik-hewan-yang-akan-buat-anda-terkejut

Category: ,

0 Komentar