Tips Mencegah dan Mengobati Akne (Jerawat)

CaAn Barumbung | 8:03 PM | 0 Komentar


Akne (jerawat) merupakan kelainan umum pada kulit, yang menyebabkan timbulnya lesi kulit yang disebut papul. Lesi kebanyakan timbul pada wajah, leher, punggung, dada, dan bahu. Kondisi ini umumnya terjadi pada usia antara 14-19 tahun, kendati ada beberapa individu yang

mengalaminya pada usia 20-30 tahun. Kadang kala akne timbul kembali pada usia menOpause. Akne ditandai dengan adanya komedo, yang terbentuk akibat tersumbatnya saluran keluar dari folikel rambut oleh sekresi minyak dan sel-sel kuit mati. Kendati bukan merupakan gangguan kesehatan yang serius, namun akne yang berat dapat mengganggu penampilan dan meninggalkan bekas berupa jaringan parut permanen.

Berikut adalah tips untuk mencegah dan mengobati Jerawat

1. Akne (jerawat) tidak mencerminkan bahwa seseorang kurang menjaga kebersihan.

2. Cuci muka tidak perlu terlalu sering dilakukan, cukup 2 kali sehari dengan memakai sabun (bukan antiseptik).

3. Jangan biarkan rambut menutupi daerah wajah. Rambut, terutama yang kotor, dapat memperburuk kondisi pori-pori yang tersumbat. Gunakan kosmetik yang berbahan dasar air.

4. Pengobatan tidak membuat akne hilang lebih cepat tetapi dapat membantu mencegah kambuhnya akne. Pengobatan membutuhkan waktu selama 1-2 minggu.

5. Hindari tindakan memencet atau memecahkan jerawat karena dapat meninggalkan bekas berupa jaringan parut pada kulit.

6. Pemaparan ringan terhadap sinar matahari mungkin bermanfaat, tetapi gunakan krim tabir surya non-minyak dan hindari kondisi banyak berkeringat.

7. Asupan gizi seimbang juga bermanfaat membantu menjaga kesehatan kuiit.

8. Usahakan untuk tetap rileks. Stres diketahui merupakan salah faktor penyebab timbulnya akne (jerawat).

Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk bebas dari jerawat, selamat mencoba.

Category:

0 Komentar