Nutrisi dan Khasiat Buah Mangga Yang Sangat Baik Untuk Kesehatan

CaAn Barumbung | 9:54 AM | 0 Komentar

Khasiat dan Nutrisi Menyehatkan dari Buah ManggaBuah merupakan sumber vitamin yang sangat baik untuk kesehatan, selain rasanya yang nikmat khasiatnyapun luar biasa untuk kesehatan. Tidak salah jika menjadikan buah sebagai menu utama setelah menu pokok yang disajikan ketika bersantap.

Buah musiman yang satu ini mungkin buah yang paling diminati banyak orang. Selain rasanya yang manis asem menyegarkan, buah ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang menyehatkan serta berkhasiat dalam membantu memerangi penyakit tertentu.

Buah mangga yang masak langsung dari pohonnya konon adalah buah yang memiliki rasa paling enak. Berbagai macam jenis buah mangga masing-masing memiliki cita rasanya yang khas. Sehingga dapat dibedakan dari rasanya. Banyak cara dalam menikmati buah mangga, bisa dimakan langsung dengan mengupas kulitnya, juga bisa diblender untuk dibuat minuman jus mangga, atau dibuat berbagai macam jenis makanan.

Berikut beberapa khasiat yang menyehatkan dari buah mangga yang perlu Anda ketahui:

1. Menurunkan Kolesterol:
Tingkat tinggi serat, pektin dan vitamin C dalam buah mangga dapat membantu menurunkan kadar serum kolesterol, khususnya Low-Density Lipoprotein (hal-hal yang buruk).

2. Mencegah Kanker:
Penelitian telah menunjukkan, senyawa antioksidan dalam buah mangga telah ditemukan untuk melindungi terhadap kanker usus besar, kanker payudara, leukemia dan kanker prostat. Senyawa ini termasuk quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat, serta enzim yang melimpah.

sumber gambar

3. Meningkatkan Kesehatan Mata:
Satu cangkir irisan mangga memasok 25 persen dari nilai harian vitamin A yang dibutuhkan, dapat meningkatkan penglihatan yang baik dan mencegah kebutaan malam serta mata kering.

4. Membersihkan Kulit:
Dapat digunakan baik secara internal maupun eksternal untuk kulit. Mangga membantu pori-pori yang jelas tersumbat dan menghilangkan jerawat.

5. Membantu Diabetes:
Daun mangga dapat membantu menormalkan kadar insulin di dalam darah. Obat tradisional rumah ini melibatkan daun yang direbus dalam air mendidih, mendiamkannya selama semalam dan kemudian meminum rebusan yang disaring di pagi hari. Buah mangga juga memiliki indeks glikemik yang relatif rendah (41-60) sehingga jumlah moderat tidak akan membuat lonjakan kadar gula Anda.

6. Alkalizes Seluruh Tubuh:
Asam tartrat, asam malat, dan jejak asam sitrat ditemukan dalam buah mangga yang dapat menjaga cadangan alkali tubuh.

7. Memperbaiki Pencernaan:
Pepaya bukan satu-satunya buah yang mengandung enzim untuk merobohkan protein. Ada beberapa buah-buahan, termasuk mangga, yang memiliki kualitas sehat ini. Serat dalam mangga juga membantu pencernaan dan eliminasi.

8. Meningkatkan Kesehatan Sex:
Mangga adalah sumber vitamin E. Meskipun hubungan populer antara gairah seks dan vitamin E pada awalnya diciptakan oleh generalisasi yang keliru pada studi tikus, penelitian lebih lanjut telah menunjukkan jumlah yang tepat yang seimbang (dari makanan utuh) ternyata membantu.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh:
Jumlah banyak vitamin C dan vitamin A dalam mangga, ditambah 25 jenis karotenoid dapat menjaga sistem kekebalan tubuh Anda menjadi sehat dan kuat.

10. Membantu Memerangi Heat Stroke(Stroke akibat kepanasan):
Jus buah dari mangga hijau dan pencampuran dengan air dan pemanis dapat membantu untuk mendinginkan tubuh dan mencegah bahaya dari overheating. Dari sudut pandang ayurvedic, alasan orang sering mendapatkan diuretik dan kelelahan ketika mengunjungi iklim khatulistiwa ini karena tidak kuat terhadap "energi matahari" yang membakar tubuh Anda, terutama otot-otot. Ginjal kemudian menjadi kelebihan beban dengan racun dari proses ini.

Nutrisi Buah Mangga

Selain dari sepuluh khasiat buah mangga di atas, perlu diketahui juga kandungan nutrisi yang bisa didapat dari buah mangga berikut ini:

Untuk satu cangkir (225 gram) mengandung nutrisi sebagai berikut. Persentase berlaku untuk nilai harian.
  • 4 persen magnesium
  • 7 persen kalium (untuk mengimbangi asupan natrium tinggi)
  • 9 persen tembaga (tembaga adalah co-faktor untuk banyak enzim penting yang ditambahkan pada produksi sel darah merah)
  • 9 persen serat probiotik yang sehat
  • 11 persen vitamin B6 ditambah vitamin B lainnya (produksi hormon di otak dan mencegah penyakit jantung)
  • 76 persen vitamin C (antioksidan dan meningkatkan kekebalan)
  • 105 kalori

Tidak salah ketika mangga dijuluki sebagai“king of fruits”. Karena ternyata khasiatnya sangat luar biasa.


Source :
http://log.viva.co.id/news/read/765273-khasiat-dan-nutrisi-menyehatkan-dari-buah-mangga

Category: ,

0 Komentar