Masalah-Masalah Dalam Kehamilan dan Cara Mengatasinya

CaAn Barumbung | 2:32 PM | 0 Komentar

Kehamilan mengakibatkan perubahan fisik yang memungkinkan janin untuk bertumbuh dan berkembang di dalam uterus. Namun demikian, kehamilan adakalanya disertai dengan gejala-gejala mengganggu seperti rasa lelah. nyeri pada payudara, morning sickness. konstipasi, anemia, nyeri punggung, kram tungkai, sering berkemih. infeksi saluran kemih, hemoroid, insomnia, gatal. edema tungkai dan pergelangan kaki. serta varises. Dalam hal ini, faktor perubahan hormonal diketahui mempengaruhi timbulnya gejala-gejala seperti morning sickness. konstipasi, gatal (pada abdomen, telapak tangan/kaki), nyeri punggung. dan sering berkemih. pada ibu hamil. Selain faktor hormonal. meningkatnya tekanan akibat pembesaran uterus bukan hanya menimbulkan masalah konstipasi. sering berkemih. dan nyeri punggung, tetapi juga varises serta edema tungkai. Gejala kram tungkai pada kehamilan kemungkinan disebabkan gangguan sirkulasi darah pada bagian tungkai dan meningkatnya berat badan. Perubahan sirkulasi darah di dalam tubuh ibu hamil meningkatkan risiko timbulnya hemoroid atau memperparah gejala hemoroid yang sudah ada. Hemoroid berpotensi menyebabkan bekuan darah atau perdarahan yang disertai rasa sangat nyeri. Jika perdarahan tersebut bertambah parah. maka akan mengakibatkan anemia. ibu hamil juga rentan mengalami ketidakstabilan emosional dan kecemasan yang dapat menimbulkan gangguan tidur. Varises dapat terjadi atau bahkan mungkin bertambah parah, disebabkan oleh relaksasi pembuluh darah akibat pengaruh hormon.


Mengatasi Masalah-masalah Dalam Kehamilan
  • Menyantap biskuit sebelum turun dari tempat tidur setelah bangun pagi hari untuk menghindari morning sickness. Konsumsi teh atau biskuit bearoma jahe mungkin juga dapat membantu.
  • Hindari makanan berlemak dan berbumbu serta kurangi konsumsi makanan berat menjelang tidur malam.
  • Banyak minum air putih untuk menghindari timbulnya konstipasi dan infeksi saluran kemih. Jangan menahan keinginan untuk berkemih ataupun buang air besar. Perbanyak konsumsi buah-buahan, sereal, dan gandum untuk menghindari konstipasi. Hindari penggunaan pencahar selama hamil.
  • Hindari penggunaan sepatu atau sandal berhak tinggi. Topang punggung dengan bantal sewaktu duduk di bangku, dan tidurlah di alas yang baik untuk meng-hindari sakit punggung.
  • Gerakan peregangan dan berjalan kaki mungkin bermanfaat mengurangi kram tungkai selama kehamilan.

Category: ,

0 Komentar