4 Gejala Kanker Usus Besar Yang Wajib Anda Periksakan ke Dokter

CaAn Barumbung | 6:50 PM | 0 Komentar

Mendengar istilah kanker pastilah terbayang dalam pikiran kita adalah sebuah penyakit yang mematikan dan sulit untuk disembuhkan, maka dari itu sangat penting untuk selalu mawas diri berusaha untuk mencegah agar sel kanker tidak tumbuh dalam tubuh kita. ada beberapa penyakit kanker yang terkenal sangat mematikan diantaranya kanker payudara, kanker serviks dan kanker usus besar.

Kali ini kita akan membahas tentang gejala-gejala yang ada sebagai pertanda seseorang bisa diserang oleh kanker usus besar. Kanker usus besar berada di peringkat ketiga kasus kanker di dunia setelah kanker payudara dan kanker serviks. Meski berbahaya, penyakit ini bisa ditangani jika ditemukan dalam stadium awal. dr Eko Priatno SpB-KBD dari RS Pondok Indah-Puri Indah mengatakan untuk itu, penting bagi masyarakat untuk melakukan skrining. Skrining dianjurkan untuk mereka yang sudah berusia di atas 40 tahun. "Kalau nggak ada riwayat kanker di keluarga, skrining usia setelah usia di atas 50 tahun, setahun sekali nggak apa-apa. Tapi kalau ada keluarga pernah kena kanker, dianjurkan usia 40 tahun sudah skrining," tutur dr Eko.

Selain skrining, masyakat juga harus mewaspadai gejala-gejala yang ditimbulkan oleh kanker usus besar. Apa saja? Berikut 4 gejala utamanya.



1. BAB berdarah dan nyeri 
Buang air besar yang mengeluarkan darah dan terasa nyeri merupakan gejala utama kanker usus besar. Jika mengalami hal ini, segera periksakan diri ke dokter. "Kalaupun bukan kanker usus besar, BAB nyeri dan berdarah itu sudah bahaya. Bisa jadi ada penyakit lain seperti wasir atau yang lainnya," tutur dr Eko.

2. Nyeri perut bagian bawah 
Nyeri yang terasa di bagian bawah perut juga bisa menandakan adanya kanker usus besar. Tumor yang makin membesar menekan usus dan menyebabkan rasa nyeri. "Nyeri ini bermacam-macam mulai dari hanya sekedar begah atau bisa juga sakit yang tak tertahankan," tandasnya.

3. Diare 
Diare terus menerus selama lebih dari 4 minggu menandakan adanya gangguan di usus besar. Gangguan ini bisa saja disebabkan oleh tumor kanker. "Kalau tumor kankernya ada di bagian kanan usus besar, gejala utamanya biasanya diare. Karena penyerapan kotorannya nggak maksimal, makanya dia diare terus," ungkapnya.

4. Sembelit
Sembelit atau susah BAB lebih dari 4 minggu menandakan adanya penyumbatan di usus besar. Sumbatan ini terjadi akibat tumor kanker yang menutupi saluran usus besar sebelah kiri. "Kalau kanker usus besar di sebelah kiri itu biasanya sembelit. Karena tumornya menutupi jalan ke rektum sehingga pasien susah BAB," tandasnya.

Sumber :
http://health.detik.com/read/2016/04/08/170516/3183368/763/catat-4-gejala-kanker-usus-besar-ini-wajib-anda-periksakan-ke-dokter?l992203755

Category:

0 Komentar