Tips Memperbaiki Imunitas Dan Daya Tahan Tubuh

CaAn Barumbung | 10:06 AM | 0 Komentar

Sistem imun adalah sekelompok jaringan dan sel yang memiliki fungsi primer untuk melindungi tubuh dari serangan benda asing, misalnya bakteri dan virus. Sistem ini membuat tubuh melakukan reaksi perlawanan terhadap bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi. Komponen-komponen yang berbeda dalam sistem imun mengadakan interaksi melalui kontak antar sel dan melepaskan faktor yang mengatur aktivitas mereka, diawali dengan tindakan mendeteksi adanya benda asing. Kerja sistem imun tidak hanya terbatas pada benda asing tetapi juga terhadap kelainan yang terjadi di dalam tubuh. misalnya sel-sel kanker. Sistem imun tidak hanya mampu menyingkirkan bakteri dan virus, tetapi juga memiliki fungsi memori yang memungkinkan tubuh untuk tidak terkena infeksi serupa kembali.Tidak seperti anggapan orang awam, dalam menjalankan fungsinya sistem imun seringkali (walaupun tidak selalu demikian) menimbulkan gejala demam dan batuk. Cara terbaik untuk melindungi tubuh terhadap infeksi serius adalah melalui vaksinasi. Tindakan (vaksinasi) ini memungkinkan sistem imun untuk berhadapan dengan mikroorganisme penyebab infeksi dan membantu tubuh meningkatkan daya tahan untuk melawan mikroorganisme tersebut. Sistem imun akan mengalami penurunan seiring dengan bertambah tuanya usia seseorang. ini berarti bahwa dengan bertambahnya kerentanan individu, maka ia perlu mekanisme eksternal untuk memperbaiki imunitas dan daya tahan tubuh. Para ahli dalam bidang kedokteran percaya bahwa untuk memperbaiki imunitas dan daya tahan tubuh, seseorang sebaiknya mengonsumsi vitamin dan mineral tertentu melalui makanan (diet) sehari-hari. Pemberian suplemen (suplementasi) seringkali dibutuhkan jika asupan vitamin dan mineral tidak cukup diperoleh dari diet. Para ahli juga menghubungkan stres mayor dan minor dengan penurunan fungsi imun tubuh yang akhirnya mengakibatkan timbulnya suatu penyakit. Pada bayi, perlu diberikan nutrisi tambahan yang terdiri dari vitamin, mineral, dan zat gizi esensial lainnya karena sistem imun bayi belum berkembang sempurna. Nutrisi tambahan ini biasanya tersedia dalam bentuk suplemen multivitamin dan mineral, atau produk nutrisi bayi yang mengandung formula lengkap, terdiri dari vitamin, mineral, dan zat gizi esensial lain.



Tips Memperbaiki Imunitas Dan Daya Tahan Tubuh

  • Jalani diet seimbang, yaitu mencakup karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Upaya mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Diet rendah lemak dapat meningkatkan aktivitas sel pembunuh alamiah dalam tubuh, sebaliknya diet tinggi lemak akan menurunkan aktivitasnya. 
  • Cukup tidur dan istirahat. Kurang tidur/stirahat diketahui menurunkan aktivitas sel pembunuh alami dalam tubuh. sehingga membuat individu lebih mudah terserang infeksi bakteri dan virus. 
  • Belajar mengendalikan stres. 
  • Olahraga dengan intensitas sedang dapat membantu memperbaiki fungsi imun dan suasana hati. Juga membantu mencegah migren, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan kebugaran tubuh pada usia lanjut. 
  • Untuk bayi, air susu ibu (ASI) adalah makanan yang terbaik. Jika ASl tidak mencukupi atau tidak dapat diberikan, tanyakan pada dokter anak mengenai jenis susu formula yang tepat bagi anak. Yang penting, susu formula tersebut mengandung nutrisi lengkap dan seimbang untuk membantu perkembangan anak dan melindungi tubuh terhadap infeksi dan penyakit. 
  • Bagi pasien dengan sistem imun lemah dan pasien pengidap HIV positif, pemberian suplemen, olahraga, dan cukup istirahat memang penting, tapi seringkali tidak cukup kuat untuk menangkal infeksi. Untuk kasus-kasus tertentu seperti ini, pasien perlu berkonsultasi dengan dokter.

Category: ,

0 Komentar