Daftar film Indonesia yang dicekal tetapi Mendunia

Unknown | 1:10 PM | 0 Komentar


Indonesia bisa dibilang negara yang selektif dalam memberikan tontonan baik d televisi maupun di layar lebar, banyak film populer yang dilarang tayang di Indonesia karena mengandung hal-hal yang dianggap dapat memberi dampak negatif bagi penontonnya. Misalnya film yang mengandung rasisme, pornografi dan pelecehan agama tertentu akan disaring melalui lembaga yang disebut lembaga sensor. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa film Indonesia yang mendunia tapi dicekal penayangannya di Indonesia?? Nah, dibawah ini adalah 5 film Indonesia yang dicekal teyapi mendunia.

1. Lady Terminator (1988)
Siapa yang menyangka bahwa film ini ternyata film Indonesia? ya, karena sepintas film ini lebih ke arah kiblat barat tapi ternyata jauh sebelum era The Raid , film ini terlebih dahulu tampil secara internasional, tapi sayangnya film ini dicekal di negara sendiri. FIlm ini tayang di beberapa negara seperti Amerika serikat, Thailand, Jepang, Perancis dan Italia.

Akhirnya film ini tayang di Indonesia pada tahun 1994 namun banyak adegan yang terpotong menghilangkan bagian yang tidak lulus sensor jadi film ini hanya tayang dengan durasi 80 menit.

2. Merdeka 17805/ Murudeka 17805 (2001)
FIlm ini menceritakan tentang sejarah Indonesia mengenak penjajahan Jepang di Indonesia. Film ini adalah gabungan dari perusahaan film asal jepang( Toho) dan juga Indonesia (Rapi Films). FIlm ini di cekal di Indonesia dikarenakan ceritanya sangat bertentangan dengan sejarah Indonesia serta melukai perasaan bangsa Indonesia terhadap berbagai adegan-adegan yang ada sehingga di khawatirkan akan merusak hubungan antara Indonesia dan Jepang nantinya.

Walau di cekal di Indonesia, ternyata film ini cukup sukses di Jepang karena dapat meraup hingga ¥550.000 kala itu.

3. Something in Way (2013)
FIlm ini memang tidak akan pernah untuk dipasarkan di Indonesia karena sang sutradara meyakini filmnya pasti akan dicekal Padahal dalam film ini di bintangi oleh aktor terkenal, Reza Rahardian dan juga Ratu Felisha. Film ini mengusung 2 tema panas yang tidak yaitu "agama" dan juga "s*ks". Bahkan dalam film ini benar-benar terlihat vulgar karena selain ada adegan on*ni , sang aktorpun reza, akan tampil tanpa sehelai benang lho.

4. Act of Killing/ Jagal ( 2012).
Film ini pun juga masih membawa unsur film panas. Walaupun film ini tidak di buat oleh orang Indonesia namun film ini memperlihatkan sisi lain daripada tragedi mematikan dalam sejarah indonesia yaitu G30S. FIlm ini sebenarnya sangat unik dan juga jelas apa yang ingin di tujukan dalam film tersebut. Tak tanggung-tanggung film ini meraih banyak penghargaan salah satunya adalah academy award dan juga memangangkan BAFTRA 2014.

5. look of Silence/ Senyap (2015)
film ini termasuk film baru karena di produksi tahun 2015. Film ini adalah terusan daripada film yang sebelumnya. Film ini pertama kali ditayangkan di Festival Film Venice di mana disana mendapatkan sambutan yang begitu meriah bahkan di IMBD mencapai rating 97%. Dan sama seperti film pendahulunya, film ini juga di cekal dan tidak dapat tayang di Indonesia.



Source:

Category: , ,

0 Komentar