Wortel umbi akar ajaib

AnChas | 11:09 AM | 3 Komentar

Tahukah kamu sayuran yang sering nongol di dunia anak-anak??salah satunya adalah wortel. Selain populer sebagai makanan tokoh-tokoh kelinci kartun, ternyata wortel ini juga punya banyak khasiat.

Dilahirkan dengan nama latin Daucus carota, Linn.., wortel merupakan tumbuhan sayur yang bisa ditanam sepanjang tahun. Eh, sebenarnya yang disebut wortel itu yang bagian mana sih??Kalo menurut ilmu botani, sebenarnya wortel itu ya tumbuhannya tersebut. Lalu, yang orange, bulat meruncing panjang itu apanya???itu sebenarnya umbi akarnya. Menurut para botanis, wortel (daucus carota) dapat dibedakan atas beberapa jenis, di antaranya: WORTEL (Daucus carota linn.)



  • jenis imperator, yakni wortel yang memiliki umbi akar berukuran panjang dengan ujung meruncing dan rasanya kurang manis.

  • jenis chantenang, yakni wortel yang memiliki umbi akar berbentuk bulat panjang dan rasanya manis,.

  • jenis mantes, yakni wortel hasil kombinasi dari jenis wortel imperator dan chantenang. Wortel bisa berkhasia karena ilmiah ia mengandung vitamin dan mineral yang berguna. Wortel (Daucus carota) mempunyai nilai kandungan vitamin A yang tinggi yaitu sebesar 12000 SI. Sementara komposisi kandungan unsur yang lain adalah kalori sebesar 42 kalori, protein 1.2 gram, lemak 0.3 gram, hidrat arang 9.3 gram, kalsium 39 miligram, fosfor 37 miligram, besi 0.8 miligram, vitamin B 10.06 miligram dan vitamin C 6miligram. komposisi di atas diukur per 100gram. Wortel nggak cuma terkenal untuk pengobatan mata minus, ia juga bisa mengobati kejang jantung, eksim, dan cacing kremi. Untuk, lebih jelasnya, simak keterangan detil berikut ini:



















1. Kejang jantung

Bahan : umbi wortel, 2 sendok madu, dan 1 potong gula aren;
cara membuat: wortel diparut dan diperas dengan 2 gelas air, kemdian dioplos dengan bahan lainnya sampai merata; Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.

2. Eksim

Bahan : 1 umbi wortel dan 1 sendok teh kapur sirih;
cara membuat : wortel diparut dan dicampur dengan kapur sirih sampai merata;
cara menggunakan : ditempelkan pada bagian yang sakit dan dibuat dengan veraban.

3. Cacing kremi

Bahan: 5-7 umbi wortel, garam dan santan kelapa secukupnya;
cara membuat : wortel diparut, kemudian ditambah dengan bahan lainnya;
cara menggunakan : diperas dan disaring, kemudian diminum menjelang tidur malam.

4. Mata minus

Bahan : umbi wortel secukupnya;
Cara membuat : diparut dan diperas untuk diambil airnya;
Cara menggunakan: diminum setiap pagi hari secara teratur.


Category:

3 comments:

  1. kata org , wortel ga ngurangin minus lho..tp gtw bnr ato g..

    ReplyDelete