Panduan membuat website secara offline

AnChas | 8:17 AM | 12 Komentar

Capek niih!!! setiap hari ditanya ama teman-teman,ca gimana sih caranya bikin website tapi gk musti konek ke server atau internet???daripada setiap harus ngejawab pertanyaan itu, apa boleh buat aku posting aja di sini ya gk.???..mungkin anda sudah pada tau caranya, tapi gk pa2 deh nambah artikelnya biar lebih rame dan bagi anda yang belum tw, dah mau tau langkah-langkah buat website secara offline??nah ni dia caranya...
























1. Langkah awal untuk menajalankan generator website anda dan konfigurasi phpmyadmin secara offline adalah menginstall XAMPP di komputer anda terlebih dahulu, bagi anda yang sudah punya softwarenya silakan diinstall, tapi yang belum punya silakan download file XAMPP di sini

2. Extract atau install file XAMPP di localhost anda atau di drive system anda biasanya pada drive C kemudian klik> xampp_start.exe untuk jalankan XAMPP nya..(untuk applikasi yang dalam bentuk zip silakan di extract atau folder silakan copy filenya ke drive system anda, dan xampp dalam bentuk applikasi silakan anda install)

3. Pastikan anda sudah punya generator untuk membuat website (joomla,wordpress,phpbb dll)

4. Copy atai extract file generator website anda ke file XAMPP yang ada di drive system anda atau tempat di mana anda menginstall XAMPP anda biasanya di drive C kemudian taruh di dalam file htdocs yang ada dalam folder XAMPP, rename file tersebut sesuai dengan nama yang anda inginkan, nama tersebut berguna untuk membuka website anda di localhost nantinya (cara menginstall generator website tidak dibahas dalam artikel ini, search di artikel lain atau cari di mbah gugel, sesuai dengna generatro website yang anda gunakan).

5. Setelah tahap ke 4 selesai, tahap berikutnya adalah buat mysql_database dengan setting phpmyadmin, apa itu phpmyadmin???phpmyadmin yaitu fasilitas untuk mengatur database website anda dan tempat menyimpan database website anda nantinya.
bagaimana cara setting php??
ketikkan :

http://localhost/phpmyadmin/index.php di addres bar anda







Buat database anda pada phpmyadmin dengan ketikkan nama database anda pada kolom create new database misalkan nama database anda adalah DATABASEKU, ketikkan databaseku dan klik create.





CATATAN: Database yang anda buat ini akan digunakan pada saat menginstall generator website anda dan nama database harus sama dengan nama database yang akan anda gunakan di generator website anda.

6. Lankah selanjutnya adalah buka geneator website anda dengan mengetikkan nama file yang anda buat di htdocs tadi pada file XAMPP, misalnya nama file anda adalah websiteku, maka anda harus ketikkan seperti ini pada address bar anda

http://localhost/websiteku




itu untuk menampilkan sitenya, dan untuk menampilkan file administrasinya maka anda harus menambahkan administrator dibelakangnya (untuk generator joomla)

http://localhost/websiteku/administrator




dan untuk generator lain sedikit berbeda, silakan cari di mbah gugel caranya

7. Silakan dicoba g'd luck

Category:

12 comments:

  1. mungkin agak mudah buat web dalam keadaan offline tapi...upload databasenya susah bangat...ada gk tutorialnya..?? thank u before..

    ReplyDelete
  2. gw pingin coba buat web pakai JSP nah itu bisa gak di akses lewat jaringan lan ?


    Thanks

    ReplyDelete
  3. tanya bang... ak dah setting jaringan localhost dan ak ganti virtualhost menjadi www.alamatwebsite.com sudah berhasil. tapi masalahnya bagaimana untuk diakses dari jaringan Lan menggunakan www.alamatwebsite.com. mohon pencerahannya
    andre@daunlontar.com
    www.daunlontar.com

    ReplyDelete
  4. pertanyaan hampir sama dengan andre, gue dah buat server buat client. selama ini kalo client mau nonton tinggal akses keserver. nah masalahnya, gue mau client masuk keserver seperti masuk ke halaman web, jadi seperti nonton online. padahal hanya offline. gimana tuh caranya, hanya untuk akses LAN. mohon pencerahannya, terimakasih..

    ReplyDelete
  5. klo buat web dg dreamweaver gmn gan?/

    ReplyDelete
  6. menarik informasinya gan, klo artikelnya menarik dan sangat saya suka penjelasannya yg cukup menarik lagipula loe, juga bagi teman2 yg suka film box office ampe semi terbaru silakan kunjungi situsnya saya ok, makasi untuk admin situs ini loe, salam blogger indonesia.

    ReplyDelete
  7. terimakasih ya atas pengetahuanya. salam kenal
    http://materitik78.blogspot.com/

    ReplyDelete
  8. Mau buat website movie lansung jadi, gw tunjukin caranya , lansung aja email ke playerduasatu@gmail.com atau info_player21@gmail.com minta kode embed lansung dapat movie 12ribu gratis, 12 000 bro bukan 120 tapi 12 ribu film, ngga perlu cape2 buat movie atau download2 lansung dapat kode embed, dah subtitle indonesia ama ada link downloadnya lagi free malah lansung aja sana kunjungi http://player21.com

    ReplyDelete