Akankah blogger di Negeri ini dikekang???

AnChas | 1:36 PM | 4 Komentar

Kebebasan berekspresi para blogger akankah dikekang??perlakuan para negara tetangga seperti malaysia dan vietnam jelas melanggar hak asasi manusia, betapa tidak kebebasan berekspresi seorang blogger harus dibatasi. Akankah pemerintah Indonesia akan melakukan hal yang sama kepada pra blogger di negeri ini???dan apakah para blogger akan tinggal diam??

"Kita tak ingin kembali ke masa di mana kebebasan berekspresi seseorang dilarang. Dan jika pemerintah melakukan hal tersebut maka kami juga akan bergerak," kata bapak blogger Indonesia, Enda Nasution, di sela acara Wordcamp 2009, di Erasmus Huis, Sabtu (17/1/2009).

Menurut Enda, tak dipungkiri adanya sebagian oknum yang menggunakan blog sebagai media untuk menjelek-jelekan orang-orang lain, atau berisi hal-hal yang tak semestinya, tapi jumlahnya tak seberapa dibandingkan dengan blog yang positif.

"Sejak internet muncul, 'daerah kumuh' seperti pornografi memang telah ada dan untuk Indonesia kehadiran UU informasi dan transaksi elektronika selama ini dapat menjadi batasan untuk mengerem pengguna internet masuk ke dalam wilayah kumuh tersebut," ujar Enda.

















Selain itu, Enda Nasution mengatakan saat ini banyak kalangan yang masih bingung dengan istilah blogger. Tapi menurutnya semua yang menulis di web blog adalah blogger, meskipun orang tersebut menggunakan wordpress bukan blogger.com. "Semuanya adalah blogger," kata Enda.

Enda juga mengatakan, menjadi blogger adalah seumur hidup sehingga konten yang ada didalamnya pun akan terus berkembang seiring perkembangan blogger. "Bisa saja blogger tersebut dibuat ketika ia masih SMA, terus ia berkembang ke bangku kuliah, dan kerja, dan semuanya akan mempengaruhi tulisan dan isu yang dibahas," kata Enda

Tapi apakah pantas pemerintahmengekang kebebasa berekspresi seseorang??kita lihat saja nanti mudah-mudahan pemerintah Indonesia masih punya hati nurani...




Category:

4 comments:

  1. Masa ia...aka kaya gitu..

    ReplyDelete
  2. Kan udah ada undang - undangnya mengenai kebebasan blogger yang dibatasi.. Saya pernah posting di blog saya, jika mau silakan membaca mengenai isi undang - undang tersebut...

    Overall, saya sih kurang setuju, masa dibatasi sih... Jadi hilang deh kebebasan berpendapat kita... :)

    ReplyDelete
  3. weleh masa udah ada undang-undangnya sih om slikers?

    emang pemerintah bisa membatasi akses semua blogger yang ada di indonesia ini?susah juga yap kalo udah dibatasi gitu

    ReplyDelete