Mengenal Domain dan Hosting untuk menjadi webmaster

AnChas | 9:38 AM | 3 Komentar

Sebelum kita berbicara jauh tentang cara mendesign website atau trick membuat website, sebaiknya kita perlu diperkenalkan dengan item-item yang sangat urgen dalam pembuatan sebuah website, karena pada beberapa item atau point yang akan saya perkenalkan kepada anda adalah bagian yang paling penting dari pembuatan sebuah website. Hal yang perlu anda ketahui sebelum jauh berhayal tentang pembuatan website adalah DOMAIN dan HOSTING. Kedua item tersebut adalah item yang membangun sebuah website dengna kata lain domain dan hosting itu adalah website itu sendiri.






Domain itu apa ?
Domain adalah sebuah nama untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti email dan web server di networking atau internet.
Fungsi dari domain itu sendiri adalah memberikan kemudahkan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi tnapa harus mengenal dereatan nomor yang dikenal IP dengan kata lain domain adalah penggganti IP anda sebagai identitas web server anda.

Perbedaan antara Hosting dan Domain itu apa?
Hosting adalah temapat penyimpanan data atau file website anda atau space sebagai gudang penyimpanan data dan file, seperti database, gambar, script dsb. Sedangkan Domain yaitu alamat yang dituju untuk menuju ke tempat penyimpanan file tersebut. Contoh analogi sederhana antara domain dan hosting; Domain diibiratkan sebagai nomor handpone anda sedangkan hosting adalah Handpone itu sendiri.



Level Domain berdasarkan popularitas dan kuantitas pengguna domain
Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti
  1. .com (dotcommercial)
  2. .net (dotnetwork)
  3. .org(dotorganization)
  4. .edu(doteducation)
  5. .gov(dotgoverment)
  6. .mil(dotmilitary)
  7. .info (dotinfo)
  8. dll
level domain dapat dibagi dalam tiga level yakni:

Top Level Domain dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
  • Global Top Level Domain (gTLD) contohnya dapat anda lihat pada list top lever domain diatas
  • Country Code Top Level Domain (ccTLD). , dan ccTLD adalah TLD dikhusukan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id) atau Malaysia dengan MY (com.my, net.my, dsb) dan Singapura dengan kode SG (com.sg, net.sg, dsb).
Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan atau nama domain yang anda pilih sebagai alamat web anda. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah barumbung.com, maka barumbung adalah SLDnya dan .com-nya adalah TLD.
Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau estrex.domainku.com, tau dengan kata lain Third level domain ini adalah subdomain anda atau anak dari website anda.
layanan yang menjual third level domain salah satunya adalah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dll.
Untuk free domain atau memberikan anda layanan gratis utuk memiliki domain adalah www.freedomain.co.nr memberikan .co.nr secara gratis dan www.co.cc yang memberikan .co.cc secara gratis.

Demikianlah tahap awal pengenalan website untuk pemula, untuk level advance bisa anda baca pada postingan sebelumnya, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat buat anda. silakan tinggalkan komentar untuk saran, kritik dan pertanyaan. salam adminstrator.





Category:

3 comments:

  1. :hi :-) :^) ;ok :D :o) :)) j:) :(( :?
    hehhehehe

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sudah sharing informasinya, nice post. sangat menarik dan informatif





    Belajar Forex Bizweb

    ReplyDelete