Tips Untuk Mencegah Dan Mengobati Menoragia

Unknown | 10:36 AM | 0 Komentar

Menoragia, yang juga dikenal sebagai hipermenore, adalah perdarahan menstruasi yang , berlebihan atau berlangsung dalam waktu lama, atau gabungan dari keduanya, Pada menoragia, menstruasi terjadi dengan interval siklus yang teratur tetapi jumlah darah menstruasi yang keluar melebihi 80 mL dan berlangsung selama >8 hari. Kondisi ini disertai dengan atau tanpa kram (dismenore). Faktor penyebab menoragia meliputi: ketidakseimbangan hormonal (misalnya antar hormon estrogen dan progesteron) sehingga mengakibatkan perkembangan berlebihan dari lapisan dinding rahim yang akhirnya menyebabkan banyaknya lapisan dinding rahim yang dilepaskan pada saat menstruasi; fibroma uteri (tumor jinak pada uterus); polip serviks atau endometrium; hiperplasia endometrium: anovulasi: adenomiosis; IUD/spiral KB; komplikasi kehamilan (misalnya abortus atau kehamilan ektopik); kanker (uterus, ovarium, dan serviks); dan penggunaan bbat-obatan (misalnya antikoagulan dan antiinflamasi), Perdarahan menstruasi yang berlebihan dan berlangsung dalam waktu lama dapat mengakibatkan anemia defisiensi besi, nyeri berat, dan infertilitas. Kebanyakan anemia bersifat ringan, tetapi adakalanya dapat menyebabkan lemas dan fatigue (kelelahan yang menyeluruh). Menoragia merupakan penyebab terbanyak dari anemia defisiensi besi pada wanita pasca menopause dan biasanya diatasi dengan pemberian suplemen zat besi. 



Tips mencegah dan mengobati Menoragia


  • Jika pasien mengalami perdarahan per vagina yang tidak teratur, anjurkan pasien untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Pada kasus-kasus tertentu adakalanya perlu dilakukan pemeriksaan seperti papsmear, tes darah, biopsi endometrium, USG, histeroskopi, dilatasi dan kuretase, atau histerosalpingografi. 
  • Anjurkan pasien untuk mencatat tanggal menstruasinya secara rutin, termasuk tanggal dimulainya menstruasi, berapa lama berlangsungnya menstruasi, dan gejalagejala yang timbul. 
  • Catat jumlah pembalut atau tampon yang digunakan setiap kali menstrurasi untuk memperkirakan banyaknya perdarahan. 
  • Hindari penggunaan aspirin. Aspirin dapat memperbanyak jumlah perdarahan karena memiliki efek antikoagulan. Untuk mengatasi rasa tidak nyaman/nyeri pada menstruasi, dapat digunakan ibuprofen

Category:

0 Komentar